Tribratanewsjambi.com - Rumah
sakit Bhayangkara Jambi meraih predikat LULUS dengan tingkat “PARIPURNA”
setelah dilakukan penilaian akreditasi rumah sakit versi 2012 oleh tim surveyor
dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada tanggal 17 s/d 19 November 2016.
Diraihnya akreditasi rumah sakit tingkat paripurna oleh rumah sakit Bhayangkara Jambi telah dinantikan sejak lama dan membutuhkan dukungan, semangat dan komitmen yang luar biasa dari seluruh manajemen dan staf RS Bhayangkara Jambi.
Diraihnya akreditasi rumah sakit tingkat paripurna oleh rumah sakit Bhayangkara Jambi telah dinantikan sejak lama dan membutuhkan dukungan, semangat dan komitmen yang luar biasa dari seluruh manajemen dan staf RS Bhayangkara Jambi.
Di Indonesia baru ada 4 Rumah Sakit Bhayangkara yang paripurna, dari 8 Rumah sakit
Bhayangkara yang mengikuti ujian Akreditasi kemarin, ada 3 Rumah sakit yang lulus PARIPURNA termasuk Jambi
dan 5 RS. Bhayangkara yang lain lulus dengan tingkat "Dasar".
Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Jambi Kompol dr. Wahono Edhi P, Sp.
PD membenarkan prestasi yang di raih Rumah Sakit Bhayangkara Jambi, dalam
wawancaranya Kompol dr. Wahono Edhi P, Sp. PD, menjelaskan keterangan terkait
Akreditasi Rumah Sakit yang dipimpinnya tersebut.
“Akreditasi rumah sakit adalah suatu pengakuan publik melalui
suatu badan nasional akreditasi rumah sakit atas prestasi rumah sakit dalam
memenuhi standar akreditasi yang diakui melalui suatu asesmen pakar sebar
(peer) dan eksternal yang independen. Dengan demikian rumah sakit yang
terakreditasi telah mendapat pengakuan dari pemerintah bahwa semua yang ada di
dalam rumah sakit termasuk sarana, prasarana serta prosedur yang dilakukan
telah sesuai dengan standar yang berlaku” Beber Kompol dr. Wahono Edhi P, Sp.
PD.
“Berdasarkan tingkat kelulusan adalah dasar, madya, utama
dan paripurna. Paripurna merupakan tingkat kelulusan tertinggi yang dapat
diraih oleh rumah sakit. Rumah sakit dengan tingkat paripurna menunjukkan telah
lulus terhadap 15 penilaian program kerja, diantaranya : akses dan kontinuitas
pelayanan, manajemen pemberian obat, pendidikan pasien dan keluarga , dan
keselamatan pasien”, tambahnya lagi.
Tujuan akreditasi diantaranya rumah sakit lebih menghormati
hak-hak pasien dan melibatkannya dalam proses perawatan sebagai mitra. Selain
itu dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat bahwa rumah sakit telah
melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan berdasarkan keselamatan pasien.
Rumah sakit juga akan memiliki modal yang cukup untuk bernegosiasi dengan
perusahaan asuransi kesehatan dan sumber pembayar lainnya dengan lengkapnya
data tentang mutu pelayanan rumah sakit.
Akreditasi tingkat paripurna yang diperoleh RS Bhayangkara Jambi
diharapkan tidak hanya sekedar visitasi dan selesai begitu saja. Keberlanjutan
dalam mengimplementasikan semua standar secara konsisten diharapkan oleh
segenap manajemen dan seluruh awak RS Bhayangkara Jambi yang ditunjukkan dengan
penandatanganan komitmen bersama serta semangat yang terus dipupuk dan didukung
sepenuhnya oleh manajemen untuk melaksanakan akreditasi. Diharapkan dari proses
yang tengah berjalan ini mampu menghasilkan produk pelayanan kesehatan yang
dapat diterima dan dinikmati masyarakat pengguna jasa pelayanan Rumah
Bhayangkara Jambi.
Hasil akhir yang juga menjadi harapan kita semua adalah pelayanan
kesehatan yang menjadi lebih baik lagi, baik dari segi kualitas maupun
kuantitas layanan. Pelayanan kesehatan di rumah sakit Bhayangkara Jambi akan
terus diperbaiki mengingat semakin bervariasinya dan terjadi perubahan yang
cukup cepat dalam dinamika masyarakat dan pelayanan kesehatan saat ini.
[Lilik Adhi Humas Polda Jambi]